Senin, 15 Agustus 2011

Tanah Merah

Kali ini saya kurang bersemangat untuk supervisi ke daerah, perasaan malas meninggalkan teman-teman di mess, ditambah saya masih mupeng di acara Keracunan Ingatan-nya Melancholic Bitch di Jogja. Saya masih saja ngiler garuk-garuk tanah membik-membik. Andai supervisi saya dipindah ke Jogja saja. :p

Kali ini berangkat dalam acara kegiatan supervise PPLS ke Boven Digoel. Kabupaten baru yang merupakan pemekaran dari Merauke. Kalo di peta letaknya disebelah kanan atas Merauke dan berbatasan langsung dengan Papua Nugini . Boven Digoel adalah satu-satunya kabupaten yang bisa ditempuh jalur darat dari Merauke. Ada 3 jalur yang bisa ditempuh untuk ke  Tanah Merah, Boven Digoel.

Jalur pertama : Pesawat langsung dari Bandara Sentani Jayapura -Tanah Merah. Hanya melayani 3 kali/minggu (Selasa,Kamis,Minggu) dengan pesawat sedang berkapasitas 20 orang. Maskapai yang melayani yaitu Ekpress dan Merpati. Ditempuh kurang lebih 1 jam. Dengan harga tiket kurang lebih Rp 2.000.000,-

Jalur kedua :  Pesawat dari Bandara Sentani  Jayapura – Merauke – Tanah Merah. Pesawat dari Jayapura-Merauke setiap hari ada dan pesawatnya jenis boeing besar. Dengan harga kurang lebih Rp 400.000,- . Kemudian disambung dengan pesawat twin otter berkapasitas 12 orang dari Merauke ke Tanah Merah. Satu-satunya maskapai yang melayani adalah Merpati dengan harga kurang lebih Rp 1.500.000,-

Jalur ketiga: Sama dengan jalur kedua. Tapi setelah sampai di Merauke dilanjutkan dengan jalur darat dengan mobil Hiline dengan kapasitas 6 orang yang setiap hari beroperasi tentunya dengan nunggu penumpang penuh. Perjalanan minimal 12 jam kalo musim kering dan bisa 3 hari nginap di hutan kalo musim hujan karena jalan berlumpur. Dengan harga Rp 700.000,-

Karena alasan, saya sendirian belum tahu medan jalan dan sedang tidak mood untuk gila saya berangkat dengan jalur pertama. Sampai di Bandara Tanah Merah pukul 14.00 WIT turun pesawat saya kayak orang ndeso plonga plongo karena bandaranya kayak stasiun di desa saya dan banyak orang di bandara melambai-lambaikan tangan,nah looo yang mana yang jemput saya?? Bang sabam mana?? Untungnya tiba-tiba ada bapak pake baju seragam BPS di luar bandara. Gak kenal. Malu bertanya, ora iso muleh. Eh, ternyata emang bapak itu yang disuruh jemput saya. Bapaknya baik. Saya diantar ke mobil langsung ke kantor. Wedyaan, mobilnya tinggi gede saya kesusahan naiknya. Ternyata disini mobil memang harus dimodif karena medannya yang susah. Jadi mobilnya ditinggikan dan diganti dengan ban gede. Dan ternyata bapak yang jemput saya itu adalah bapak kepala BPS Kab. Boven Digoel sendiri. Tet-tot!! Gelegepan!!

Kantor BPS kab Boven Digoel berada 3 km dari bandara. Walau masih 3 km dari kota tapi sinyal sudah kembang kempis. Sampai di kantor, ketemu Bang Sabam,dikenalkan dengan yang punya hajat yaitu Kasie Sosialnya Mbak Nila,kemudian dengan 5 KSK (Koordinator Statistik Kecamatan) yang baru, orang-orangnya baik apalagi para ksknya rame banget,kantornya sudah bagus, dan bersih. Ada rumah dinas di belakang kantor dengan  lapangan badminton di halamannya. Saya sekamar dengan Mbak Nila dan serumah dengan para ksk lainnya.

Disini sejauh mata memandang tanahnya merah. Lempung tanah liat gitu kalo orang jawa bilang. Ya makanya lebih dikenal dengan tanah merah. Kalo gak hujan jalanan bagus karena lempung mengeras tapi kalo hujan jalanan jadi lumpur tapi bisa nyuci baju karena sumber air disini dari air hujan. Airnya dari air hujan ditampung di profil tank kemudian dipake buat mandi,nyuci piring,wudhu dsb. Kalo gak hujan mandinya dijatah satu ember  satu orang di pagi hari, sorenya gak pake mandi. Sumur tidak bisa digunakan disini karena air tanahnya berwarna merah dan mengandung besi. Listriknya nyala jam 6-12 malam dari jenset. Kalo mau telfon nongkrong di bawah parabola atau manjat pagar depan kantor. Jadi  kayak naek gunung, susah air, listrik dan siinyal. Cuma bedanya tidurnya gak ditenda dan gak pake sleeping bag. Kalo malam banyak kunang-kunang dan suara jangkrik. Damai. Walau sedikit saya jadi ingat kedamain yang dirasakan Criss di film In To The Wild. Sedikit, karena Criss membakar semua uang yang dimilikinya. Kalo Boven saya bakar uang sama dengan saya tidak bisa pulang.hehe..

Kalo ada yang bilang harga barang di Jayapura mahal, di Boven lebih mahal. Salah satu contohnya tempe sepotong di  Jayapura Rp 1000,- di Boven sepotong Rp 2500,-. Indomie di Jayapura Rp 1500,- di Boven Rp 2500,- dan itu berlaku untuk sebagian besar barang. Namun ada juga yang lebih murah dari Jayapura, Es Pisang Ijo di Jayapura Rp 10.000,- tapi di Boven hanya Rp 8000,- karena kebanyakan penduduknya disini asal Makasar jadi banyak Coto Makasar dan Es Pisang Ijo. Dan daging rusa sangat digemari disini. Menu makan siang saya hari ini adalah semur daging rusa. Rasanya sama kayak daging sapi. Dan menu makan malam saya adalah daging rusa asam manis. Bisa dtebak kan besok saya sahur pake apa? Rendang daging rusa. Gimana saya gak jadi buntelan karung pulang Jayapura.

Oiya,kalo mau teraweh persiapannya kayak mau pindah rumah, semua alat sholat dimasukkan ke tas ransel agar tidak kotor cipratan lumpur, naek motor cowok dan masjid terdekat adalah 6 km dari kantor. Gelap. Tidak ada lampu jalan. Kanan kiri hutan. Sungguh perjuangan kan…

Banyak sodara kita yang susah untuk mendapatkan sesuatu, yang kadang sangat mudah dan kecil bagi kita. Yuk,hemat air,hemat listrik dan ramaikan masjid… Selamat menunaikan ibadah puasaa….^_^

Tanah Merah,31 Juli 2011
pesawat kecil Ekspres air Jayapura-Tanah Merah
Danau Sentani dari jendela
Jalan ke kota Boven Digoel
Bandara Tanah Merah

BPS Kab. Boven Digoel

1. Mbak, nama saya Tomy. Saya wartawan. Satu atau dua bulan lagi, saya mungkin akan pergi ke Boven Digoel untuk meliput sisa-sisa tempat pembuangan jaman penjajahan Belanda dulu.

Sebenarnya saya rencananya berangkat akhir Januari, tetapi karena ada kabar penerbangan Merauke-Tanah Merah dihentikan sementara akibat cuaca, rencana itu ditunda.

Kalau boleh, saya minta nomor kontak rekan-rekan BPS di Boven Dogoel.

Oya, tulisan dan foto-foto di blog ini cukup membantu saya.

Terima kasih banyak, Mbak.

2. maaf lama balesnya, koneksi internet lemot.
    aku dengan senang hati akan membantu, hubungi via email ku aja..
    ulatbulunaikdaun@gmail.com

*atas nama Nova Dewi Oktasari dengan segala keterbatasan akses internetnya*

3. Tulisannya sangat membantu banget karena bulan depan team saya ada yang bertugas untuk instalasi VSAT di kantor BPS Boven Digoel.

Makasih ya Mbak...

4. Mba2 Dan mas2 nya bisa minta info terbaru tentang schedule penerbangan Dan biaya dari marauke ke tanah merah kah?
    Karena bulan depan saya rencananya ingin berkunjung ke sana
    Terimakasih

5. KISAH NYATA..............
    Ass.Saya ir Sutrisno.Dari Kota Jayapura Ingin Berbagi Cerita
    dulunya saya pengusaha sukses harta banyak dan kedudukan tinggi tapi semenjak
    saya ditipu oleh teman hampir semua aset saya habis,
    saya sempat putus asa hampir bunuh diri,tapi saya buka
    internet dan menemukan nomor Ki Kanjeng saya beranikan diri untuk menghubungi beliau,saya di kasih solusi,
    awalnya saya ragu dan tidak percaya,tapi saya coba ikut ritual dari Ki Kanjeng alhamdulillah sekarang saya dapat modal dan mulai merintis kembali usaha saya,
    sekarang saya bisa bayar hutang2 saya di bank Mandiri dan BNI,terimah kasih Ki,mau seperti saya silahkan hub Ki
    Kanjeng di nmr 085320279333 Kiyai Kanjeng,ini nyata demi Allah kalau saya tidak bohong,indahnya berbagi,assalamu alaikum.

KEMARIN SAYA TEMUKAN TULISAN DIBAWAH INI SYA COBA HUBUNGI TERNYATA BETUL,
    BELIAU SUDAH MEMBUKTIKAN KESAYA !!!

((((((((((((DANA GHAIB)))))))))))))))))

Pesugihan Instant 10 MILYAR
    Mulai bulan ini (juli 2015) Kami dari padepokan mengadakan program pesugihan Instant tanpa tumbal, serta tanpa resiko. Program ini kami khususkan bagi para pasien yang membutuhan modal usaha yang cukup besar, Hutang yang menumpuk (diatas 1 Milyar), Adapun ketentuan mengikuti program ini adalah sebagai berikut :

Mempunyai Hutang diatas 1 Milyar
    Ingin membuka usaha dengan Modal diatas 1 Milyar
    dll

Syarat :

Usia Minimal 21 Tahun
    Berani Ritual (apabila tidak berani, maka bisa diwakilkan kami dan tim)
    Belum pernah melakukan perjanjian pesugihan ditempat lain
    Suci lahir dan batin (wanita tidak boleh mengikuti program ini pada saat datang bulan)
    Harus memiliki Kamar Kosong di rumah anda

Proses :

Proses ritual selama 2 hari 2 malam di dalam gua
    Harus siap mental lahir dan batin
    Sanggup Puasa 2 hari 2 malam ( ngebleng)
    Pada malam hari tidak boleh tidur

Biaya ritual Sebesar 10 Juta dengan rincian sebagai berikut :

Pengganti tumbal Kambing kendit : 5jt
    Ayam cemani : 2jt
    Minyak Songolangit : 2jt
    bunga, candu, kemenyan, nasi tumpeng, kain kafan dll Sebesar : 1jt

Prosedur Daftar Ritual ini :

Kirim Foto anda
    Kirim Data sesuai KTP

Format : Nama, Alamat, Umur, Nama ibu Kandung, Weton (Hari Lahir), PESUGIHAN 10 MILYAR

Kirim ke nomor ini : 085320279333
    SMS Anda akan Kami balas secepatnya

Maaf Program ini TERBATAS .